Artikel ini ditulis oleh Vilda Ana Veria Setyawati, S.Gz, M.Gizi. Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Dian Nuswantoro.

Infuse water adalah minuman air mineral yang ditempatkan dalam sebuah wadah tertutup dengan potongan buah-buahan segar. Sebelum dikonsumsi, minuman ini biasanya disimpan dulu di kulkas untuk beberapa jam atau bahkan semalam agar rasa buah dan air bisa menyatu. Minuman ini diklaim sebagai “minuman kesehatan” karena dianggap bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Diantara semua klaim, yang paling membuat orang jatuh cinta dapat menurunkan berat badan sehingga cocok dikonsumsi untuk orang yang diet.

Apakah hal ini benar ?

Tentu saja hal itu tidak sepenuhnya benar. Kebutuhan air oleh manusia sejumlah 2 liter per hari/ 8 gelas belimbing. Bagi orang yang tidak suka minum air putih banyak, hal ini terasa memberatkan. Akan tetapi infuse water hadir untuk membantu orang-orang seperti itu agar menyukai dan mau mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan.

Bagaimana nasib buah yang berada di dalamnya? Setelah terendam cukup lama, biasanya buah sudah tidak enak lagi untuk dikonsumsi, sehingga pada akhirnya terbuang. Oleh sebab itu, bagi orang-orang yang sudah dapat memenuhi kebutuhan air putih, sebenarnya tidak perlu lagi melakukan hal ini. Buah-buahan sebaiknya dikonsumsi langsung karena lebih segar.

Sejauh ini belum ada studi yang meneliti tentang penurunan berat badan dengan konsumsi infuse water. Sehingga klaim tersebut tidak bisa dijelaskan proses dan kebenarannya.

Prinsip diet pada dasarnya adalah mengatur pola makan dan dibarengi dengan olahraga. Infuse water saja tidak akan cukup untuk memenuhi “ambisi” menurunkan berat badan.

Sedangkan klaim lain yang dipercaya sebagai manfaat infuse water adalah membantu detoksifikasi untuk menghilangkan racun, memberikan hidrasi (kebutuhan air) bagi tubuh, melancarkan pencernaan, dan mencegah penuaan.

Bukankah hal itu memang menjadi manfaat minum air putih sebanyak 2 liter per hari ?

Ada 1 klaim lagi yaitu cara sehat minum vitamin. Vitamin yang larut disini adalah vitamin larut air saja yaitu B dan C. Lalu bagaimana dengan vitamin yang larut dengan lemak yaitu A, D, E, dan K ?

Justru pada orang yang memiliki masalah dengan asam lambung, infuse water yang berisi air lemon akan menimbulkan masalah jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena semakin meningkatkan kadar asam lambung.

Oleh karena itu, mari menjadi netizen bijak untuk mencapai sehat. Tidak perlu melulu mengikuti trend masa kini yang belum ada studinya.