Artikel ini ditulis oleh Pijar Beyna Fatamorgana S.KM, M.Sc

(Dosen Kesehatan Masyarakat, Universitas Dian Nuswantoro)

Sudah sekitar 8 bulan ini Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga usai atau bahkan hanya sekedar mereda saja belum. Angka kasus positif Covid-19 di negeri ini makin hari makin naik bahkan saat ini melebihi dari jumlah kasus positif di negara asalnya yaitu China. Angka kasus positif terkonfirmasi per tanggal 4 Oktober 2020 di Indonesia menyentuh angka 303.498 orang (3992 kasus dalam 24 jam terakhir), 228.453 orang sembuh dan 11.151 orang meninggal dunia. Berbagai kebijakan telah dibuat oleh pemerintah sebagai regulator untuk mengatasi dan memutus rantai penyebaran virus ini. Namun, sepertinya semua kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah masih belum membuahkan hasil yang positif. Jumlah/angka kasus positif masih banyak bahkan cenderung terus meningkat walaupun diimbangi dengan angka sembuh yang juga meningkat. Salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan melakukan Social Campaign.

Social Campaign yang saat ini digaungkan oleh Pemerintah adalah “Gerakan 3M” (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak). Kampanye tersebut memang ada benarnya, ketiga cara tersebut dianggap mampu mencegah penularan virus corona antar individu. Tetapi ada satu cara yang juga sebenarnya penting namun sering terlupakan, yaitu mengkonsumsi makanan bergizi. Masih banyak yang masyarakat yang belum memahami pentingnya asupan nutrisi yang baik terutama di era pandemi Covid-19 ini. Banyak dari mereka masih abai dan lalai dengan nutrisi yang mereka konsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi dapat mencegah penurunan sistem imun pada tubuh dimana sistem imun ini berguna untuk melawan kuman, virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi di dalam tubuh, di antaranya konsumsi 4 sehat 5 sempurna, makan 3 kali sehari, makan dalam porsi yang sesuai dan minum air putih yang cukup (8 gelas per hari).

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman menyatakan bahwa Covid-19 merupakan Self Limiting Disease (penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya) bagi orang/penderita yang tidak mempunyai faktor comorbid dan di usia muda. Menurut Dicky, pasien Covid-19 mampu sembuh sendiri dengan cara isolasi, karantina, menjaga kesehatan tubuh dan mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi. Di sinilah peran dari nutrisi yang baik mampu menjaga sistem imun pada tubuh untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh, dan bagi penderita covid-19 bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun untuk melawan virus yang ada pada tubuhnya. Jadi, selain menerapkan 3M tadi jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi agar kesehatan kita tetap fit dan terjaga/terhindar dari berbagai macam penyakit terutama Covid-19.

Gambar diambil dari : https://www.liputan6.com/health/read/3881462/9-cara-memenuhi-kebutuhan-gizi-dan-nutrisi-dalam-tubuh