Artikel ini ditulis oleh Evina Widianawati, S.Si, M.Pd (Dosen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, UDINUS)

Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki 34 provinsi yang berada di 7 Kepulauan Indonesia. Untuk mengetahui profil kesehatan di berbagai wilayah Indonesia maka diperlukan informasi statistik yang dapat menggambarkan profil kesehatan tiap wilayah. Data kesehatan Kemenkes 2018 pada aspek demografi kepadatan penduduk Indonesia disajikan pada Kartogram Peta Indonesia diatas.

Bagaimana cara memahami kartogram diatas? Perhatikan legenda peta diatas, warna biru berarti jumlah penduduk > 250 jiwa/km2 , warna orange berarti jumlah penduduk 80-250 jiwa/km2 dan seterusnya. Artinya wilayah yang diberi warna biru adalah wilayah yang padat penduduk. Data peta persebaran kepadatan penduduk di Indonesia menunjukkan Pulau Jawa dan kepulauan Nusa Tenggara adalah pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia.

Apa hubungannya dengan kesehatan?? Kepadatan penduduk akan mempengaruhi kesehatan dari segi kebersihan lingkungan, polusi udara, dan lain sebagainya (Irfan, 2018). Jadi jelas bahwa kepadatan penduduk Pulau Jawa & Nusa tenggara akan mempengaruhi kesehatan penduduk pula tersebut.

Selanjutnya terdapat data kesehatan Kemenkes 2018 pada aspek demografi persentase penduduk miskin di Indonesia. Secara ringkas hasil presentase penduduk miskin yaitu persentase penduduk miskin nasional adalah 9,66%. Provinsi dengan presentase penduduk miskin tertinggi adalah Papua (27,43%) dan Papua Barat (22,66%). Terdapat 16 provinsi dengan tingkat kemiskinan lebih dari Nasional yaitu Papua, Papua Barat, NTT, Maluku, Gorontalo, Aceh, Bengkulu, NTB,Sultengah, Lampung, Sumsel, DIY, SulTenggara, Sulbar, Jateng, Jatim.

Apa artinya persentase penduduk miskin? Ambil contoh Papua, persentase 27,43% artinya dari 100% penduduk papua 27,43% termasuk penduduk miskin. Dari informasi diatas, dapat kita ketahui bahwa dari segi kemiskinan, Papua & Papua Barat merupakan provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi. Beberapa provinsi Pulau Jawa & Kep. Nusa Tenggara yaitu Jatim, Jateng, DIY, NTB dan NTT dengan penduduk yang padat juga memiliki tingkat kemiskinan diatas rata-rata Indonesia. Apakah ada hubungan dengan kesehatan? Penduduk miskin tentu akan berpengaruh pada pembiayaan kesehatan.

Lalu apa kesimpulannya? Dari data diatas dapat diambil beberapa kesimpulan diantaranya:

  1. Pulau Jawa dan Kepulauan Nusa Tenggara adalah pulau padat penduduk dengan beberapa provinsi memiliki tingkat kemiskinan lebih dari nasional.
  2. Papua dan Papua Barat adalah provinsi yang memiliki tingkat kemiskinan tertinggi.

Data tersebut sangat baik digunakan dalam upaya preventif dan promosi kesehatan oleh pemerintah. Pemerintah yang berwenang perlu memikirkan cara pemeratan penduduk, dalam hal ini pemerintah sedang berencana memindahkan Ibukota Jakarta ke Kalimantan sehingga kepadatan penduduk di Jakarta akan berkurang dan berpindah ke Kalimantan. Dari segi tingkat kemiskinan penduduk, pemerintah perlu memikiran cara mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama di provinsi Papua.

 

REFERENSI:

KEMENKES.2018.Profil Kesehatan 2018. Jakarta.

Irfan. 2018. Analisis Pola Hubungan Kondisi Kesehatan Lingkungan Keluarga Terhadap Kasus Angka Kematian Bayi Di Kota Surakarta Tahun 2016.UMS