Artikel ini ditulis oleh Fitria Dewi Puspita Anggraini, M.Sc (Dosen Kesehatan Masyarakat, UDINUS)

Sobat healthiers pasti sudah tahu bahwa mengkonsumsi buah-buahan menjadi bagian penting dari proses pemenuhan kebutuhan gizi seimbang 4 sehat 5 sempurna. Asupan minimum yang direkomendasikan oleh WHO adalah 400 gram buah dan sayuran per hari. Tetapi, sering kita berpikir bahwa semangkuk buah potong dengan mayonaise lengkap dengan pilihan topping yang beragam merupakan menu yang paling sehat. Dengan alasan ini pula, salad buah dianggap sebagai menu yang memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan buah potong karena menunya yang berwarna-warni dan mengandung komposisi bahan yang lebih kompleks dibandingkan hanya menu tunggal buah potong.

Faktanya apakah memang benar demikian ?

Tahukah kalian, apa yang terjadi ketika sobat healthiers mengkonsumsi semangkuk salad buah ?

Ketika sobat healthiers mengonsumsi salad buah dengan beragam campuran potongan buah lengkap dengan mayonaise dan aneka topping, tubuh sobat healthiers sebenarnya sedang berada pada kondisi di mana ia harus berurusan dengan banyak nutrisi pada satu waktu secara bersamaan. Kita pikir ini adalah hal yang baik karena telah mengefisiensikan fungsi kemampuan organ tubuh, tetapi ini sebenarnya bukan kondisi yang sepenuhnya baik. Memberi makan tubuh kita dengan banyak nutrisi sekaligus seyogyanya akan membuat disorientasi fungsi kerja organ tubuh. Padahal tubuh sobat healthiers memiliki ambang batas kapasitas untuk menyerap jumlah nutrisi pada satu waktu, sehingga sisa makanan yang tidak terserap akan menjadi sia-sia.

Alasan kedua adalah terkait adanya proses oksidasi dari buah yang kita konsumsi

Perlu sobat healthiers ketahui bahwa proses kimia alami yang membahayakan nutrisi dalam buah-buahan adalah oksidasi. Secara sederhananya, proses oksidasi dapat dianalogikan seperti ketika sobat healthiers sedang mengupas buah apel. Buah apel setelah dipotong lambat laun akan berubah menjadi coklat dan terkena udara. Hal lain yang akan  terjadi ketika sobat healthiers memotong buah dan mendiamkannya untuk sekedar bisa menikmati segarnya semangkuk salad buah adalah membran sel di dalam buah akan pecah dan memungkinkan masuknya oksigen dalam kulit buah. Kombinasi dari panas, oksidasi dan air adalah tiga musuh utama bagi mineral dan vitamin. Alhasil, mineral dan vitamin yang ingin sobat healthiers konsumsi kadarnya akan hilang karena buah terlalu lama didiamkan hanya untuk bisa dikonsumsi dalam kondisi dingin setelah dimasukkan dalam  kulkas.

Sehingga, membeli buah utuh dan mengkonsumsinya segera setelah dikupas adalah pilihan terbaik jika sobat healthiers ingin mendapatkan nutrisi yang lebih maksimal dari buah-buahan yang kita konsumsi. Tips lainnya adalah pastikan sobat healthiers selalu menyimpan buah-buahan dari pasar atau supermarket di tempat yang sejuk, kering dan terhindar dari sinar matahari karena semakin lama buah terpapar cahaya dan udara, semakin banyak vitamin dan mineral yang hilang. So, intinya, salad buah memang tidak diharamkan untuk sobat Healthiers, hanya saja porsi dan frekuensinya jangan keseringan yaahh ^.^

gambar diambil dari https://style.tribunnews.com/2019/08/03/bosan-konsumsi-olahan-daging-simak-15-resep-salad-sayur-dan-buah-yang-bisa-dicoba-mudah-banget